Fabelio Blog Logo

Jangan Salah Pilih, Simak Tips Ini Untuk Memilih Armchair yang Nyaman

tips memilih armchair
Share this article to:

Armchair menjadi pilihan furnitur yang tepat apabila kamu menginginkan kenyamanan pada personal space-mu di rumah. Desain, tentu saja penting terutama ketika kamu ingin menyesuaikannya dengan desain interior hunianmu, tapi hal terpenting yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli armchair adalah kenyamanannya. 

Armchair yang nyaman ialah armchair yang dapat memenuhi segala kebutuhan dudukmu. Ketika kamu merasa “pas” saat duduk dengan posisi apapun, merasa betah duduk berlama-lama, itulah yang disebut dengan armchair yang nyaman. 

Agar kamu tak bingung, simak artikel berikut ini. Kami berikan tips memilih armchair yang nyaman untukmu.

Dudukan Kursi

Via fabelio.com

Dudukan kursi mungkin menjadi salah satu bagian terpenting pada armchair yang berkaitan dengan kenyamanan, karena bagian inilah yang akan menahan tubuhmu ketika duduk. Pilihlah armchair yang memiliki dudukan yang lembut dan firm, artinya tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu empuk. Apabila dudukan armchair terlalu empuk dan membuatmu seolah tenggelam ketika mendudukinya, akan sulit untukmu ketika ingin berdiri kembali.

Perhatikan juga tinggi dudukan, pastikan kakimu masih bisa menyentuh lantai ketika kamu duduk. Namun elemen yang satu ini tentu harus kamu sesuaikan juga dengan tinggi badanmu. 

Sandaran Kursi

Via fabelio.com

Sandaran kursi pada armchair memiliki ukuran yang beragam, ada yang tinggi dan ada pula yang pendek. Untuk kamu yang suka bersantai duduk di armchair sambil membaca buku atau bermain game, sandaran amrchair yang tinggi akan sangat nyaman untukmu. Hindari memilih armchair dengan sandaran yang terlalu jauh, ini juga berkaitan dengan lebar dudukan kursi. Namun jika kamu membeli armchair secara online, dan ternyata memiliki sandaran yang jauh, kamu masih bisa mengakalinya dengan menambahkan bantal hias atau cushion untuk menahan punggungmu ketika duduk. 

Lengan Kursi

Via fabelio.com

Sesuai namanya, armchair memang berarti kursi lengan dalam bahasa Indonesia. Lengan pada armchair dapat terbuat dari berbagai material, beberapa terbuat dari kayu dan beberapa terbuat dari upholstered. Kamu mau pilih yang mana, semua sesuai dengan preferensimu. 

Armchair yang nyaman adalah armchair yang memiliki lengan dengan tinggi yang sesuai, bukan yang terlalu tinggi dan bukan juga yang terlalu pendek. Ketika kamu berkunjung ke sebuah showroom furnitur untuk membeli armchair, kamu bisa langsung mencoba duduk dan mengukur seberapa nyaman lenganmu terjatuh pada lengan kursi. 

Kualitas Kursi

Via fabelio.com

Kenyamanan tak akan bisa kamu temukan jika kamu memilih armchair berkualitas buruk. Itulah mengapa, kualitas armchair menjadi hal yang paling utama yang harus kamu pertimbangkan. Kualitas arcmhair erat kaitannya dengan material pembentuk armchair. Kayu menjadi material paling umum yang digunakan untuk membuat armchair. Beberapa jenis kayu yang memiliki kualitas baik untuk armchair adalah kayu sungkai, kayu mahoni, kayu jati, dan kayu mindi.