Tips Memilih Kursi Kerja Yang Tepat

tips-memilih-kursi-kerja-yang-tepat
Share this article to:

Kursi kerja merupakan salah satu hal yang penting dimiliki dan diperhatikan. Banyaknya waktu yang akan dihabiskan di kantor mengharuskan kalian memiliki kursi kerja yang sesuai untuk bekerja. Kursi kerja yang sesuai tentu akan membuat kegiatan bekerja lebih produktif dan nyaman.

Beberapa orang terkadang tidak terlalu memperhatikan model atau bentuk kursi kerja mereka. Salah memilih kursi kerja ternyata dapat berakibat pada kesehatan tubuh dan tulang. Karenanya, kalian harus tahu beberapa tips untuk memilih kursi kerja yang tepat.

  1. Pilih kursi kerja dengan ketinggian yang sesuai

Source: lovelyving.com

Tips memilih kursi kerja yang pertama adalah perhatikan ketinggian kursi. Memiliki kursi kerja dengan ketinggian yang sesuai akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan tubuh pada saat bekerja. Ada baiknya kalian memilih kursi kerja yang bisa diatur sendiri sehingga bisa kalian sesuaikan agar kaki kalian dapat menapak sempurna. Sudut terbaik antara tungkai kaki dan paha adalah 90°. Ketinggian kursi kerja juga harus kalian sesuaikan dengan ketinggian meja kerja kalian. Jangan sampai tinggi kursi kerja terlalu tinggi dari meja kerja sehingga kalian harus menunduk, atau tinggi kursi kerja terlalu rendah dari tinggi meja kerja sehingga kalian harus mendongak.

2. Pilih kursi kerja yang memiliki sandaran punggung dan sandaran lengan

Source: futuristarchitecture.com

Tips memilih kursi kerja yang kedua adalah pilih kursi kerja yang memiliki sandaran punggung dan sandaran lengan. Kursi kerja dengan sandaran punggung yang nyaman sangatlah penting untuk menopang punggung selama bekerja. Pilihlah sandaran punggung yang bentuknya mengikuti bentuk alami tulang punggung kalian. Begitu pula dengan sandaran lengan, pilihlah kursi kerja yang memiliki sandaran lengan dengan ketinggian yang sesuai agar bisa menopang lengan dengan baik.

3. Pilih kursi kerja dengan kaki roda

Source: bornoffside.net

Tips memilih kursi kerja yang ketiga adalah pilihlah kursi kerja yang memiliki kaki beroda. Kursi kerja dengan kaki beroda selain bisa lebih fleksibel juga akan memudahkan mobilitas kalian pada saat bekerja untuk berpindah-pindah tempat.

4. Pilih kursi kerja yang memiliki bantalan dudukan yang empuk

Source: hongkiat.com

Menghabiskan waktu yang cukup lama untuk duduk dan bekerja mengharuskan kalian memiliki kursi kerja dengan dudukan yang empuk. Selain agar membuat duduk semakin nyaman selama bekerja, kursi kerja dengan bantalan yang empuk juga bisa meminimalisir sakit pinggang.