Fabelio Blog Logo

5 Tips Untuk Buat Dapur Minimalis Nampak Lebih Rapi

tips merapikan dapur kecil
Share this article to:

Tak punya cukup ruang untuk dapur? Tak masalah kok, kamu masih tetap bisa punya dapur minimalis yang justru dapat terasa lebih personal. Dapur kecil menjadi sangat pas kamu miliki apabila kamu tinggal di sebuah apartemen ataupun rumah kecil. Memiliki dapur kecil ternyata bisa mendatangkan banyak keuntungan, lho! Selain tak butuh banyak waktu dan tenaga untuk membersihkannya, kamu juga bisa menghemat budget pembangunan dapur. 

Promo Kitchen Set

Namun keuntungan biasanya hadir berpasangan dengan kerugian. Salah satu masalah yang sering dirasakan para pemilik dapur minimalis kecil adalah kesulitan untuk membuat dapur kecil mereka nampak tetap rapi dan tidak terasa sempit. Jika kamu salah satu di antara yang memiliki masalah tersebut, simak artikel ini untuk tahu tips membuat dapur sederhana nampak lebih rapi.

1. Pilih Perlengkapan Dapur dengan Bijak

Via pinterest.com

Peralatan dapur dan teman-temannya memang sangat menarik, tak hanya untuk wanita yang hobi memasak saja, mereka yang tak bisa masak atau bahkan jarang masuk ke dapur saja agaknya setuju dengan hal ini. Bentuk yang unik, desain yang cantik, dan warna-warni peralatan dapur seolah menjadi ‘pencuci mata’ yang dapat membuat hati bahagia seketika. Eits! Tapi jangan terbuai dengan ke-atraktif-an mereka, ya!

Kebiasaan impulsif ketika membeli peralatan dapur minimalis dan sebagainya menjadi salah satu masalah besar di dapur kecil. Sebelum memutuskan untuk menyimpan atau membeli peralatan dapur, pastikan kamu mengetahui fungsinya dengan baik. Tak hanya mengetahui, kamu juga harus bijak pada saat memilihnya. Misalnya kamu merasa membutuhkan sebuah mixer besar hanya untuk membuat kue, yang padahal fungsi mixer bisa kamu gantikan dengan sendok atau alat penyampur adonan manual.

Tak hanya bijak ketika ingin membeli, kamu juga harus bisa bijak terhadap peralatan dapur minimalis yang kamu miliki. Tes kembali fungsi mereka, jika masih bisa berfungsi tapi kamu sudah tidak membutuhkannya, kamu bisa menjualnya dengan harga murah atau bisa lebih baik, yakni mendonasikannya. Biarkan dapur kecil di rumahmu diisi dengan peralatan yang kamu butuhkan saja, ya!

2. Perkecil Jumlah Alat Makan

Via pinterest.com

Hanya tinggal berdua tapi punya piring dan alat makan yang berlebih? Jangan lakukan ini kalau kamu punya dapur minimalis. Hai, para pemilik dapur kecil, mulai sekarang kamu harus menanamkan konsep ini: lebih baik memiliki jumlah gelas, piring, mangkuk, sendok, dan garpu yang pas-pas-an daripada memiliki jumlah berlebih dan kamu pusing memikirkan harus menyimpannya dimana. 

Bagaimana kalau tiba-tiba ada banyak tamu yang berkunjung? Beli saja alat makan sekali pakai, atau buat momen berkunjung terasa lebih santai dengan meminta mereka membawa alat makan sendiri. Sah-sah saja kamu lakukan, demi membuat dapur kecil di rumahmu tak terasa semakin kecil dan berantakan. 

Atau, jika kamu ternyata sudah memiliki alat makan berlebih yang adalah hadiah pernikahan dari sahabat, kamu bisa menyimpannya di dalam tempat penyimpanan seperti laci ataupun lemari di dapur kecil agar tak terlihat berantakan.

3. Pilih Peralatan Dapur yang Multifungsi

Via pinterest.com

Memiliki dapur dengan tempat penyimpanan yang penuh dengan peralatan profesional pasti menjadi impian siapapun, terlebih kamu yang memiliki hobi memasak. Tapi pada dapur kecil, sepertinya kamu harus mulai memikirkan peralatan yang multifungsi. Tips ini akan menjadi penyelamat dapur kecil agar nampak tidak terlalu berantakan.

Misalnya saja ketika kamu ingin menggoreng ayam yang harus terendam di minyak panas, kamu bisa menggunakan panci yang biasa kamu gunakan untuk memasak sup. Atau ketika kamu ingin memanaskan pasta, kamu bisa menggunakan oven tanpa harus membeli microwave.

4. Kurangi Peralatan Berukuran Besar

Via pinterest.com

Selain masalah jumlah, masalah ukuran juga menjadi hal yang harus diperhatikan pada dapur kecil. Sebisa mungkin pilihlah peralatan dapur dengan ukuran sedang atau kecil, terlebih jika ternyata kamu bukan tipe yang sering memasak. Selain dapat menghemat ruang penyimpanan pada dapur kecil, peralatan berukuran sedang atau kecil juga lebih mudah dibersihkan, bukan?

Takut dapurmu nampak membosankan? Lakukan beberapa trik dekorasi saja pada dapur kecil! Kamu bisa mengubah desain interior dapur kecil menjadi lebih cantik misalnya dengan menambahkan wallpaper berpola pada dinding dapur. Atau beri sentuhan pada detail dapur misalnya dengan menempelkan beberapa magnet lucu di kulkas. Jauh dari kata bosan, dapur kecil milikmu justru akan menjadi pusat perhatian!

5. Bawa Marie Kondo ke Dalam Dapur

Via pinterest.com

Membawa Marie Kondo ke dalam dapur? Maksudnya, harus mengajak Marie Kondo melihat dapur kecil kita? 

Eh, bukan, bukan, maksudnya adalah menerapkan trik berbenah ala Marie Kondo pada dapur kecil. Kamu bisa menggunakan beberapa kotak atau storage plastik untuk menyimpan alat makan, bahan makanan, bumbu dapur, dan peralatan dapur lainnya. Selain dapat menghemat ruang, penampakan dapur kecil di rumahmu pasti akan terlihat lebih rapi dan enak dipandang. 

Akan lebih enak dipandang apabila kamu menggunakan storage dengan warna yang senada dan menyusunnya dengan rapi sejajar berdasarkan ukuran. Agar memudahkan kamu ketika mencari sesuatu, kamu bisa memberikan label pada tiap storage

Bagaimana, ternyata cukup mudah kan, membuat dapur kecil nampak lebih rapi? Kamu bisa, lho, membeli berbagai tempat penyimpanan di Fabelio. Atau, kamu juga bisa mewujudkan desain dapur kecil impian dengan Project by Fabelio!