Padukan Berbagai Gaya Pada Desain Interior Pakai Cara Ini!

tips padu padan gaya desain interior
Share this article to:

Tinggal dalam satu rumah bersama pasangan artinya kamu juga harus siap mengatasi berbagai perbedaan preferensi. Seperti misalnya ketika memutuskan gaya desain interior apa yang akan diterapkan di rumah nanti. Ini bukan masalah yang sepele, lho! Perlu waktu dan kondisi yang baik untuk membicarakannya bersama pasangan, terlebih ini menyangkut rumah yang akan menjadi tempat kalian bertumbuh bersama.

Memadukan berbagai gaya pada desain interior ternyata tak sesulit yang kamu kira. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantumu dan pasangan. Yuk, simak bersama-sama!

Gunakan Satu Palet Warna Saja

Via pinterest.com

Terlalu banyak warna yang kamu terapkan pada desain interior rumah akan membuat setiap bagian pada ruanganmu terasa seperti berdiri sendiri. Sebaiknya kamu hanya menggunakan 1 palet warna saja untuk beberapa ruangan di rumahmu, agar tiap ruangan terasa menyatu. Permainan 1 palet warna ini juga bisa kamu terapkan untuk mengurangi penggunaan dekorasi dinding pada desain interior rumahmu.

Pilih Pola yang Tepat

Via pinterest.com

Jika kamu tetap ingin menambahkan dekorasi pada dinding, kamu bisa menggunakan wallpaper berpola atau menggambar pola sendiri. Pilihlah bentuk atau motif yang senada yang dapat menyatukan ruangan. Cara ini juga dapat membantu kamu untuk menyatukan berbagai gaya desain interior. Cara lain untuk membawa konsistensi gaya adalah dengan mengisi rumah dengan furnitur yang memiliki motif senada.

Gabungkan Beberapa Jenis Kayu

Via pinterest.com

Selain bermain pada elemen desain interior, kamu juga bisa memadukan beberapa gaya desain interior dengan bermain furnitur. Menempatkan beberapa furnitur kayu yang terbuat dari material kayu-kayu yang berbeda dapat memberikan sentuhan dan nuansa yang berbeda pada ruanganmu. Kamu bisa memilih furnitur kayu dengan pola serat yang mirip atau warna yang senada.

Pilih Beberapa Pajangan Untuk Dekorasi

Via pinterest.com

Untuk dekorasi rumah, padukan beberapa barang atau pajangan yang unik. Pertimbangkan dekorasi atau pajangan dengan warna-warna solid agar kehadiran perabot utama tidak kalah dengan dekorasi. Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu berlebihan meletakkan dekorasi pada rumah jika tidak ingin rumahmu terasa sempit dan terkesan penuh.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika ingin memadukan beberapa gaya pada desain interior rumahmu. Tapi, satu hal yang perlu kamu ingat adalah, hal-hal tadi bukanlah aturan yang pakem. Apa yang berhasil diterapkan pada satu rumah bisa saja tidak berhasil pada rumah lain. 

Feel free untuk menerapkan apapun hal yang kamu sukai pada desain interior rumahmu. Pada akhirnya rumahmu adalah tempat dimana kamu akan tinggal dan menjadi diri sendiri.