Fabelio Blog Logo

Tips Penerapan Konsep Pop Art Pada Interior Rumah

tips penerapan konsep pop art pada interior rumah
Share this article to:

Bosan dengan gaya interior rumah yang begitu-begitu saja? Kalau iya, jangan takut untuk berkreasi! Rumah itu sama seperti kanvas kosong, tempat dimana kamu bisa berekspresi tanpa takut diganggu orang lain. Kamu bisa dengan bebas menuangkan ide-ide desain dan menerapkannya pada interior rumah. 

Jika pada umumnya rumah memiliki konsep desain dan interior yang cenderung aman, seperti konsep minimalis, skandinavia, modern, atau industrialis, kenapa kamu tidak coba konsep lain yang lebih menantang? Konsep pop art misalnya? Pop art merupakan sebuah aliran seni yang memanfaatkan simbol-simbol serta gaya visual. Menerapkan konsep pop art pada interior rumah dapat membuat suasana rumah menjadi lebih ceria dan unik. 

Nah, sebelum kamu menerapkan konsep pop art pada interior rumah, simak dulu yuk tips penerapannya berikut ini!

Awali Dengan Pemilihan Tema

via pinterest.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menerapkan konsep pop art ataupun konsep lainnya pada interior rumah adalah menentukan tema. Tema yang umumnya dijadikan acuan pada konsep pop art adalah tema kartun, komik, musik, atau film. Kamu bisa menentukan ruangan mana yang ingin kamu berikan sentuhan pop art, misalnya kamar tidurmu. Konsep pop art cenderung membuat kamu ingin bereksplorasi dan berkreasi lebih jauh, sehingga konsep ini sangat cocok diterapkan pada interior rumah dengan ruangan yang berdimensi luas.

Pemilihan Warna Cat Interior Rumah

via elledecor.com

Untuk membuat nuansa interior rumah semakin ceria dan semarak, kamu bisa memilih dua warna kontras dan warna netral sebagai penyeimbang ruangan. Sebagai contoh, kamu bisa mengaplikasikan warna hijau lime pada satu bagian dinding, dan di bagian dinding lainnya kamu bisa aplikasikan warna cat hitam. Opsi lainnya, kamu juga bisa mengaplikasikan cat warna putih pada seluruh dinding interior rumah, kemudian kamu bisa menambahkan elemen pop art seperti dekorasi dinding ataupun mural dinding.

Komposisikan Warna Cat Dinding & Warna Furnitur

via pinterest.com

Tak hanya warna dinding interior rumah saja yang harus kamu perhatikan, kamu juga harus memperhatikan komposisi warna cat dinding dengan warna furnitur. Pada dasarnya, konsep pop art membebaskan kamu untuk mengkombinasikan warna apapun, karena memang tujuan dari konsep ini adalah ceria dan semarak. Tapi, agar tetap ada keseimbangan dalam interior rumah dan ruanganmu, ada baiknya kamu memikirkan komposisi warna yang tepat. 

Tempatkan Furnitur Unik

via pinterest.com

Elemen penting lainnya dalam interior rumah adalah furnitur, untuk konsep pop art, kamu bisa memilih furnitur berdesain unik dengan warna yang mencolok agar nuansa ruangan semakin ceria. Sofa berwarna kuning, biru terang, ataupun hijau akan sangat cocok melengkapi interior rumah berkonsep pop art. Selain furnitur-furnitur unik, furnitur bergaya retro dan vintage juga cocok berpadu dengan konsep interior rumah pop art.

Perhatikan Penataan Ruang

via pinterest.com

Tak jarang orang akan merasa dengan mengaplikasikan konsep pop art pada interior rumah, ruangan akan nampak lebih penuh karena pengaplikasikan warna-warna yang cerah pada seluruh elemen interior rumah. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus pintar dalam hal penataan furnitur. Tata furnitur seapik mungkin dengan tetap memikirkan aksesibilitas dan fungsionalitas ruangan.

Itulah beberapa tips penerapan konsep pop art pada interior rumah yang bisa kamu ikuti. Ingat, rumahmu adalah tempatmu menjadi diri sendiri, jangan takut untuk berkreasi, jangan takut untuk bereksperimen!