Mengambil lokasi pengiriman...
Filter Lainnya
Stok Tersedia
Stok Tersedia
Harga
Harga
1-3 dari 3 Pilihan
Terpopuler
primary-image
gratis-ongkir
PHILIPS Juicer 800W HR1855
PHILIPS Juicer 800W HR1855
Rp 1.379.900
Rp 1.544.000
primary-image
gratis-ongkir
PHILIPS Slow Juicer Masticating HR1889/70
PHILIPS Slow Juicer Masticating HR1889/70
Rp 2.359.900
Rp 2.599.000
primary-image
gratis-ongkir
PHILIPS Juicer HR1811
PHILIPS Juicer HR1811
Rp 682.900
Rp 849.000
Halaman 1 dari 1
  • 1

Untungnya ada juicer dan blender yang dapat membantumu menghaluskan buah dan sayuran tersebut. Tinggal minum jusnya dan rasakan khasiatnya. Bicara soal juicer dan blender, apakah kamu tahu kalau kedua alat ini berbeda? Kalau belum, coba kenali dulu perbedaan juicer dan blender berikut ini sebelum kamu membuat jus!

Bentuk Juicer dan Blender

Sama-sama berfungsi untuk menghaluskan bahan makanan, tapi bentuk juicer dan blender berbeda. Juicer memiliki tabung yang besar. Pada bagian atas terdapat tongkat untuk menekan buah atau sayur ke dalam bagian pisau. Di sisi lain ada saringan yang berguna untuk menahan ampas buah atau sayur.

Sedangkan blender bentuknya menyerupai gelas besar dengan pegangan di salah satu sisi. Pada bagian dasar terdapat 4 mata pisau. Kecepatan mesin penggerak mata pisau dapat diatur sesuai kebutuhan. Bagian atasnya ada penutup dengan sendok pengaduk.

Perbedaan Cara Kerja

Cara kerja juicer dan blender pun memiliki perbedaan yang signifikan. Juicer menciptakan jus berupa sari buah dan sayur tanpa ampas. Buah dan sayur yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam lubang lalu ditekan dengan tongkat. Pisau akan mencacah buah dan sayur tersebut hingga halus mengarah ke saringan. Ampas akan tertahan di saringan dan sari makanan akan mengalir ke gelas penampung.

Cara kerja blender lebih fokus untuk menghaluskan dan mencampur semua bahan yang ada. Blender juga bisa menghaluskan es batu sehingga kamu dapat membuat smoothies. Kecepatan mesin penggerak mata pisau dapat diatur. Semakin cepat, maka semakin halus tekstur jus yang dihasilkan. Jika kamu menyukai jus dengan sedikit tekstur dari buah dan sayur, maka gunakan kecepatan yang rendah.

Pro dan Kontra

Tidak ada alat yang luput dari pro serta kontra di dunia ini, termasuk juicer dan blender. Juicer menghasilkan jus yang ringan, tanpa biji, dan tanpa ampas. Tapi serat buah dan sayur akan berkurang karena tertahan di saringan. Untuk masalah bersih-bersih, juicer ini cukup merepotkan lantaran terdiri dari komponen-komponen kecil dan perlu dibongkar pasang.

Berbeda dengan juicer, blender jauh lebih mudah dicuci. Gelas dan bagian mata pisau bisa dibuka dengan cara diputar. Tekstur jus pun dapat ditentukan oleh pembuatnya. Sayang, kamu perlu repot sedikit saat menyiapkan buah dan sayur. Bahan tersebut perlu dipotong kecil dan dihilangkan bijinya terlebih dulu. Bagi yang tidak suka ampas, maka perlu menyaring secara manual sebelum meminumnya.

Harga Juicer dan Blender

Harga juicer dan blender tergantung pada merek dan fitur yang diunggulkan. Tapi secara umum, harga blender lebih terjangkau dibandingkan juicer. Blender dijual pada kisaran harga Rp150.000 hingga Rp1.000.000an. Rentang harga blender ini tergantung dari kualitas mesin, ketajaman pisau, material gelas, dan suara yang ditimbulkan.

Sedangkan juicer dijual pada kisaran harga Rp300.000 hingga Rp10.000.000an. Harga juicer yang fantastis bukan tanpa alasan. Material yang digunakan sangat awet dan anti karat. Mesinnya juga tidak berisik. Tingkat kredibilitas brand juicer juga turut mempengaruhi harga jual.

Setelah memahami perbedaan juicer dan blender, kamu akan dapat membedakan dan akan dengan mudah untuk membeli juicer idaman. Selain menjual produk juicer, kini Fabelio juga menjual beragam peralatan elektronik dapur dan perlengkapan elektronik rumah jika kamu ingin membeli produk elektronik lainnya.